Posted by : Unknown Senin, 23 Maret 2015

AIR TERJUN BODANG

Air terjun Bodang itulah kira – kira nama yang saya sebutkan. Masyarakat sana lebih cenderung memanggil dengan nama Antrukan Bodang. Mengapa disebut antrukan ( air terjun ) itu karena terletak di desa Bodang Kecamatan Padang. Air terjun ini cukup menjanjikan pesona yang menakjubkan karena terdiri dari 3 air terjun dengan aliran air yang sama – sama cukup deras dengan ketinggian sekitar 50 meter. 3 air terjun ini bernama air terjun Bodang 1, air terjun Bodang 2 dan air terjun sumber irung.
AKSES KE AIR TERJUN BODANG
          Untuk menuju ke akses air terjun Bodang jika di akses dari jalan utama propinsi maka kita bisa start dari Perempatan Lampu merah SMP1 Sukodono kemudian ke Barat terus sampai ada pertigaan yang ada jembatan belok kanan kemudian belok kiri  ( akses desa Babakan ) – ikuti terus jalan itu  nanti setelah ada jembatan besar belok kanan terus ke utara sampai ada pertigaan amalan belok kiri ( akses desa mojo ). Ikuti aja jalan itu terus jangan belok – belok ( melewati smpn 1 Padang, melewati Polsek Padang) terus lurus sampai kita bertemu SDN Bodang 02. Ada pertigaan sebelum SDN Bodang 2 ( Dekat Koramil Padang ) belok kiri. Ikuti aja jalur itu lurus sampaai bertemu gerdu ( tempat ronda ). Silahkan parkir kendaraan anda di rumah warga. Kita siap untuk berpetualang.
        Setelah parkir di rumah warga, kita bisa melakukan perjalanan yang cukup melelahkan.Jangan pernah melakukan perjalanan pada musim hujan karena sangat – sangat licin dan cukup berbahaya. Aliran air juga cukup besar sehingga sulit untuk dilewati. Setelah kita melewati gerdu awal tadi kita ikuti jalur ke kanan, sekitar 50 meter dari gerdu ada jalur setapak ke kiri. Ingat ambil jalur kiri sehingga kita mengarah ke arah selatan.Kita akan melewati kebun tebu.

Perjalanan ini cukup menguras tenaga.Jika ada pertigaan maka kita ambil jalur kiri sehingga kita akan bertemu dengan kebun kopi. Disini kita disambut dengan binatang selamat datang yaitu nyamuk. Luar biasa banyaknya nyamuknya. Usahkan seluruh tangan dan kaki diolesi lotion anti nyamuk. Setelah melewati kebun kopi maka jalan akan sangat curam dan berbahaya. Hati – hati setelah perjalanan melewati kebun kopi maka kita akan dihadapkan pada rute yang sangat curam dan berbahaya dengan besar kemiringan  bisa mencapa 50 derajat lebih. Rute ini sangat berbahaya saat musim hujan oleh karena itu jangan melakukan perjalanan kesini saat musim hujan. Disana juga terdapat tangga dari bambu untuk menuruni dasar tebing. Tetapi tangga ini tidak disangga oleh apapun. Jadi disarankan minimal 2 orang untuk ke air terjun ini sehingga nanti tangga bambu itu ada yang memegang agar tidak gerak.

Dari sini air terjun sudah kelihatan dengan begitu indahnya dan gagahnya.

Ketika kita sampai di dasar lembah maka kita harus menyeberangi sungai. Jika pada musim kemarau dalam sungai hanya sampai lutut tetapi jika pada musim hujan kedalaman sungai bisa mencapai setinggi perut orang dewasa dan ini cukup berbahaya untuk diseberangi. Air sungai pun cukup jernih pada musim kemarau.

Pemandangan disini sungguh eksotik, banyak batu – batu berukuran besar dan sungguh indah dipandang mata. Mirip di Film laskar Laskar Pelangi.

Setelah menyeberangi sungai maka kita sudah sampai pada air terjun yang kita nanti – natikan yaitu air terjun Bodang 1. Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter dengan aliran air yang cukup deras sehingga membuat hembsan angin yang cukup kencang bila kita berada di bawah air terjun itu. Kita juga bisa mandi di sana.airnya segar sekali dan tidak begitu dalam.

Setelah puas mandi di Air terjun Bodang 1 kita bisa melanjutkan perjalanan ke air terjun Bodang 2 yang berada di hulu sungai. Untuk mencapai air terjun Bodang 2 kita harus melewati derasnya aliran air dan tingginya batuan yang harus kita daki. Disini pasti basah sehingga kamera maupun handphone harus diamankan dengan dibungkus plastik. Jika capek bisa istirahat dan foto – foto di banyak batuan besar yang tersebar. Untuk perjalanan dari air terjun Bodang 1 ke air terjun Bodang 2 butuh waktu sekitar 30 jam. Sebenarnya tidak begitu jauh tetapi karena kita harus melawan arus maka perjalanan akan terasa berat dan melelahkan.

Jika capek bisa beristirahat dulu sambil foto – fotoan.

Setelah berjalan sekitar 25 menit maka kita aan bisa melihat Air Terjun Bodang 2 yang juga tidak kalah eksotis.

Inilah air terjun Bodang 2. Tidak dianjurkan untuk mandi disini karena kedalaman airnya masih belum diketahui. Sempat kami ukur dengan menggunakan bambu sepanjang 7 meter ternyata masih belum mencapai dasar . Disini jangan pernah sekali – sekali berbuat keramaian atau berteriak – teriak. Sempat kami alami ketika kami berbuat gaduh ternyata ada penampakan di air terjun ini. Maklum air terjun ini jarang dikunjungi karena sulitnya akses kesana apalagi pas musim hujan sangat berbahaya melawan arus sungai.

Pada gambar yang terakhir itulah tampak penampakan adanya Batu Melayang  dan adanya bayangan beberapa orang. Padahal waktu itu saya hanya memotret 1 orang saja tetapi yang muncul bisa seperti 3 orang dengan pose yang berbeda. Setelah adanya foto ini kami langsung segera meninggalkan tempat ini.
      Untuk air terjun sumber irung itu dari air terjun Bodang 1 kita mengikuti aliran air dan di salah satu ttebing ada tebing yang berbentuk seperti hidung dan ada aliran 2 air terjun di model kedua hidungnya.  Mengingat baterai yang kami bawa habis jadi kami tidak sempat mengabadikan air terjun sumber irung.