Posted by : Unknown Senin, 23 Maret 2015

AIR TERJUN SOBYOK

Air terjun Sobyok terletak di desa Burno Kecamatan Senduro.  Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena aliran airnya nanti juga membentuk air terjun yang cukup kecil karena aliran sungainya seperti berlapis – lapis. Ada cerita  yang cuup ini yang sempat saya dengar saat berbincang dengan masyarakat disana yaitu sebelum air terjun sobyok ini dibuka untuk umum dahulu dikenal sebagai tempat untuk bertapa. Konon katanya dibawah air terjun ada sebuah pintu atau gapura yang dikunci dengan sebuah keris agar air tidak meluap. Hal  ini juga sempat diceritakan oleh seorang anak kecil yang berada disana sendirian waktu kami mendatangi air terjun ini juga membenarkan perkataan itu. Anak ini cukup berani mengingat untuk kesana cukup membutuhkan tenaga yang ekstra dan jauh dari pemukiman. Terlepas benar atau tidaknya ( Wallahu alam )

AKSES MENUJU AIR TERJUN SOBYOK
            Untuk menuju ke air terjun maka kita harus menuju ke arah kecamatan senduro. Ikuti  aja jalur menuju desa Ranu Pane. Setelah memasuki Desa Burno sebelum ada pertigaan paling atas atau persimpangan menuju ke ranu pane kita akan melihat bekas tempat baner. Sebelah kanan jalan dimana jalan nya berupa jalan berbatu. Jika kita membawa kendaraan bermotor maka kendaraan itu bisa kita titipkan di rumah warga.  Ketika kita sudah mulai masuk gerbang awal maka kita jalan aja lurus sampai bertemu dengan persimpangan jalan. Kita ambil jalan ke kiri. Setelah itu kita lurus dan ketika ada pertigaan jalan kita ambil jalan ke kanan. Hati – hati tersesat karena jarang ada penduduk di lokasi ini. Jika kita ikuti rute ini maka kita akan menemukan hamparan sawah.
        Setelah melewati hamparan sawah kita akan disambut dengan akses jalan beton, sesekali kita bisa menikmati buah langsep yang jatuh ke tanah. Harap hati – hati karena jalannya yang turun dan curam. Tidak semua jalan di beton, ketika kita sudah mendekati air terjun maka jalan nya berupa jalan setapak dan licin jika musim hujan.

Sebelum menuju air terjun sobyok ada air terjun lagi yang dikenal dengan sobyok 2 cuma akses kesananya belum dibuka karena mungkin terlalu curam dan kemungkinan lebih tinggi dari air terjun sobyok1. Setelah sampai di dasar lembah maka kita bisa  melihat derasnya dan segarnya air yang turun dari air terjun. Ada juga air terjun yang lebih kecil.  Kita bisa menikmati keindahan alam ini. Diusahakan jangan mandi di aliran air karena pengalaman dari penulis dan temannya setelah mandi ada pacet/ lintah yang menempel.