Posted by : Unknown Rabu, 18 Maret 2015

GUNUNG SAWUR - CANDIPURO LUMAJANG


            Gunung Sawur terletak di Desa Sumber Mujur Kecamatan Candipuro. Ketinggian dari Gunung Sawur sekitar 800 mdpl. Keunikan dari gunung sawur adalah gunung ini dijadikan tempat sebagai pemantauan aktivitas Gunung Semeru. Gunung Semeru bisa sangat jelas kelihatan dari pos pemantauan ini antara jam 7 - 9 pagi karena kabut masih belum turun.
                   Di pos pemantauan gunung Sawur terdapat banyak sekali alat pendeteksi gempa bumi yang kita kenal dengan sebutan seismograf. Dengan seismograf ini maka akan diketahui berapa kali semeru terjadi gempa tektonik, vulkanik, gempa tremor. Selain seismograf untuk memantai gunung Semeru juga ada seismograf untuk memantau gunung Lemongan, gunung Bromo, gunung Arjuno. Diharapkan dengan adanya pemantauan dini dari aktivitas semeru memungkinkan meminimalkan dampak letusan Gunung Semeru. Petugas disana mengatakan yang paling berbahaya adalah jika smeru tidak batuk atau tidak mengeluarkan gas beracun karena bisa mengakibatkan  dampa letusan dahsyat.
seismograf
PENDAKIAN KE GUNUNG SAWUR
        Untuk mendaki gunung sawur sangat mudah sekali. Karena kendaraan kita langsung bisa menuju puncak gunung sawur karena akses jalan menuju puncak sudah terbuat dari cor. Selain itu jangan khawatir kita akan kelaparan karena sudah banyak warung yang menjual makanan dan minuman disana. Untuk kendaraan bermotor yang akan naik ke atas gunung sawur maksimal dibatasi jam 9 malam setelah itu jalan akan ditutup dengan portal.

             Jika mau camp disini juga bisa dilakukan. terdapat lahan yang cukup datar yang bisa menampung sekitar 4 tenda dom. Disini jangan lewatkan pemandangan yang indah, matahari terbit dan terbenam dari atas puncak gunung sawur.
warung makan

semeru pagi hari

pemandangan yang indah

semeru saat mengeluarkan lahar

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © wisata lumajang - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -